PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
BASIS DATA
1 .Basis Data adalahsekumpulan data yang salingterkaitsatudengan yang lain dandapatdirelasikankembalidengan data-data selanjutnya yang inginditambahkan, apabila DBMS adalahmetodeatauteknologi yang digunakanuntukmengaturalurdan proses berjalannyadari basis data tersebut. Didalam DBMS inisendiriadasistemuntukmengolah basis data tersebutsesuaidenganpelakudari basis data (Brainware) bisauntukmembuat database/table, menghapus, mengupdate, data-data yang adadidalamnya.
2. * LAN (Local Area Network)
Local Area Network atau LAN, merupakansuatuJenisJaringanKomputerdenganmencakupwilayahlokal. Denganmenggunakanberbagaiperangkatjaringan yang cukupsederhanadanpopuler, sepertimenggunakankabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.Contohdarijaringan LAN sepertikomputer-komputer yang salingterhubung di sekolah, di perusahaan, Warnet, maupunantarrumahtetangga yang masihmencakupwilayah LAN.
* MAN (Metropolitan Area Network)
gambar: contohjaringan MAN
Metropolitan Area Network atau MAN, merupakanJenisJaringanKomputer yang lebihluasdanlebihcanggihdariJenisJaringanKomputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karenaJenisJaringanKomputer MAN inibiasadigunakanuntukmenghubungkanjaringankomputerdarisuatukotakekotalainnya. Untukdapatmembuatsuatujaringan MAN, biasanyadiperlukanadanya operator telekomunikasiuntukmenghubungkanantarjaringankomputer. ContohnyasepertijaringanDepdiknasantarkotaatauwilayahdanjugajaringan mall-mall moderen yang salingberhubunganantarkota.
* WAN (Wide Area Network)
gambar: contohjaringan WAN
Wide Area Network atau WAN, merupakanJenisJaringanKomputer yang lebihluasdanlebihcanggihdaripadaJenisJaringanKomputer LAN dan MAN. TeknologijaringanWANbiasadigunakanuntukmenghubungkansuatujaringandengannegara lain ataudarisatubenuakebenua yang lainnya. Jaringan WAN bisaterdiridariberbagaiJenisJaringanKomputer LAN dan WAN karenaluasnyawilayahcakupandariJenisJaringanKomputer WAN. Jaringan WAN, biasanyamenggunakankabel fiber optic sertamenanamkannya di dalamtanahmaupunmelewatijalurbawahlaut.
Topologi :Pengertian topologi jaringan komputer adalahsuatucaraataukonsepuntukmenghubungkanbeberapaataubanyakkomputersekaligusmenjadisuatujaringan yang salingterkoneksi. Dan setiap macamtopologijaringankomputer akanberbedadarisegikecepatanpengiriman data, biayapembuatan, sertakemudahandalam proses maintenance nya. Dan jugasetiap jenistopologijaringankomputer memilikikelebihansertakekurangannyamasing-masing. adabanyakmacamtopologisepertitopologi ring, star, bus, mesh, dan tree
ring
1 Kelebihandari topologijaringankomputer ring adalahpadakemudahandalam proses pemasangandaninstalasi, penggunaanjumlah kabellan yang sedikitsehinggaakanmenghematbiaya.
Kekurangan paling fatal daritopologiiniadalah, jikasalahsatukomputerataupunkabelnyabermasalah, makapengiriman data akanterganggubahkan error.
Bus
Kelebihandari bus hampirsamadengan ring, yaitukabel yang digunakantidakbanyakdanmenghematbiayapemasangan.
Kekurangantopologi bus adalahjikaterjadigangguanataumasalahpadasatukomputerbisamenggangujaringan di komputerlain, danuntuktopologiinisangatsulitmendeteksigangguan, seringterjadinyaantrian data, danjikajaraknyaterlalujauhharusmenggunakan repeater.
Star Kelebihantopologiiniadalahsangatmudahmendeteksikomputermana yang mengalamigangguan, mudahuntukmelakukanpenambahanataupengurangankomputertanpamengganggu yang lain, sertatingkatkeamanansebuah data lebihtinggi, .
Kekurangannya topologijaringankomputer iniadalah, memerlukanbiaya yang tinggiuntukpemasangan, karenamembutuhkankabel yang banyakserta switch/hub, dankestabilanjaringansangattergantungpada terminal pusat, sehinggajika switch/hub mengalamigangguan, makaseluruhjaringanakanterganggu.
Mesh
Kelebihanyaadalah proses pengirimanlebih cepat dantanpamelaluikomputerlain, jikasalahsatukomputermengalamikerusakantidakakanmenggangukomputer lain.
Kekurangandaritopologiinisudahjelas, akanmemakansangatbanyakbiayakarenamembutuhkanjumlahkabel yang sangatbanyakdansetiapkomputerharusmemiliki Port I/O yang banyakjuga, selainitu proses instalasi sangatrumit.
Tree
Kelebihantopologi tree adalahmudahmenemukansuatukesalahandanjugamudahmelakukanperubahanjaringanjikadiperlukan.
Kekurangannyayaitumenggunakanbanyakkabel, seringterjaditabrakandanlambat, jikaterjadikesalahanpadajaringantingkattinggi, makajaringantingkatrendahakanterganggujuga.
3. Keamanankomputermerupakansuatukeamananinformasi yang dipasangpadakomputer. Tujuankeamanankomputeriniantara lain untukproteksiinformasiterhadappenyadapan, perusakan, penyalahgunaandan lain-lain.
4. kejahatan di internet
#DEFACING
#CARDING
#HACKING
#PHISING
#MALWARE
4. kejahatan di internet
#DEFACING
Adalahistilahdimanaseseoangataukelompokdengansengajamengubahisisitusatau
website milik orang lain dengantujuanuntukmencuri data ataumengacak-acak data
yang adadidalamnya.
#CARDING
Kegiatanatauaktivitasberbelanjamelalui internet
denganmenggunakannomoridentitasataukartukredit orang lain yang
diperolehmelaluicarailegal. Pelakunyadisebut carder.
Kejahataniniseringterjadikarenapelakuberhasilmemblokir IP darisitusjualan
online, sehinggamerekadenganmudahbisamembelibarangatasnama orang lain.
#HACKING
Hacking adalahaktivitasmenjebolataumembobolsuatu program milik
orang lain. Pelakunyadisebut Hacker. Biasanyaseorang Hacker mampumenguasaisebagianbesarbahasapemrograman
yang di manfaatkannya untukmembobolkeamananatau security darisuatu
program di komputermilik orang lain dengantujuanuntukmencuri data
darikomputerkorbannya.
Hacker dibagi 2, yaitu hacker yang baikdan hacker pencuri.
Hacker dibagi 2, yaitu hacker yang baikdan hacker pencuri.
#SPAMMING
Spamming adalahpengirimaniklanatausuratelektronik yang
biasanyaberisihal yang tidakdikehendakiataubiasanyaberisipenipuan. Tujuandari
spamming adalahuntukmengajakkorbannyauntukmengikutiataumembantusipengirimpesan
spam untukbekerjasamadalambisniskhayalannya. BiasanyakorbandariSpammingdisuruhmengirimkanuangdengan
nominal tertentukepadapengirim spam. Namun modus sepertiitusudahjarangmuncul.
#PHISING
Phisingadalahmemancing orang lain untukmemberikan username dan
password padasuatu website ataulaman yang sudah di-deface.
Kebanyakankorbannyaadalahpengguna online banking yang
seringmelakukantransaksimelaluidunia internet.
#MALWARE
Malware adalah program darikomputer yang
mencarikelemahandarisuatu software tertentu.
Malware biasanyamunculberupa virus-virus yang akanmembobolataumencuri data yang kitamiliki. Sebagian Malware yang berupa virus dapatdibersihkanmenggunakan Antivirus, sedangkanadabeberapa yang sulithilang.
Malware biasanyamunculberupa virus-virus yang akanmembobolataumencuri data yang kitamiliki. Sebagian Malware yang berupa virus dapatdibersihkanmenggunakan Antivirus, sedangkanadabeberapa yang sulithilang.
5.
green computing
3.2 Ada 5 Cara-Cara
SederhanaUntukMelakukan Green Computing
Cara - carauntukmelakukan green
computing sebagailangkahawal ,berikutiniadalahcara-carasederhana
yang dapatkitalakukan :
1. Green
Computing on PC
Ø Laptop
hanya memerlukan 10% energi yang digunakan Desktop. Flat screen hanya
menggunakan 30% energi yang digunakan oleh Monitor CRT
Ø Coba
upgrade RAM, sebelum memutuskan ganti komputer. Komputer lambat bisa karena
kotornya registry atau ada background services yang berjalan padahal sebenarnya
tidak kita perlukan. Cek dan matikan services yang sedang
berjalan padahal tidak perlu itu. Misalnya untuk Windows jalankan Start
> Run > type “msconfig”
Ø Menggunakan
PC dan printer dengan merk dan jenis sama memudahkan kanibalisme dan
proses recycle
Ø Matikan
komputer ketika tidak digunakan (malam hari). Mematikan komputer akan
mengurangi umur komputer adalah mitos yang salah
Ø Screen
saver is not energy saver. Pilih matikan monitor daripada
menggunakan screen saver
Ø Pilih
virtualisasi daripada pembelian hardware baru (hemat 70% energi)
Ø Pilih
peripheral berlogo energy star
Ø Catat
bahwa mode power menentukan prosentase hemat energi (Sleep mode –
hemat 70% energi, Standby mode – hemat 90% energi, Hibernate
mode – hemat 98% energi)
Ø Jangan cepat membuang PC, lakukan recycle
atau donasi ke pihak lain apabila sudah tidak digunakan
2. Green
Computing on Laptop
Ø Gunakan power
saving setting
Ø Kurangi
penggunaan backlight
Ø Atur
layar dan harddisk sleep/off setelah beberapa menit tanpa
penggunaan
Ø Matikan bluetooth dan wifi ketika
tidak digunakan
Ø Lepas
kartu MMC, SD, USB Flash apabila tidak digunakan
Ø Kecilkan
volume suara dan kontras layar
Ø Minimalisir
penggunaan IrDA (infrared) atau serial communication, karena
boros energi
Ø Upgrade
RAM sebelum
ganti laptop
Ø Jangan
cepat membuang Laptop, lakukan recycle atau donasi ke pihak
lain apabila sudah tidak
digunakan
3. Green
Computing on Paperless Method
Usahakan menggunakan paperless method untuk
berbagai urusan kita karena itu mengurangi sampah carbon footprint. Apabila
memungkinkan kembangkan dan terapkan Document Management System, Electronic
Invoicing dan Electronic Business Process pada
institusi kita.
4. Green
Computing on Paperless Education
Ø Hindari
kertas, gunakan file elektronik or blog untuk pengumpulan laporan dan tugas
Ø Lupakan
cara konvensional, gunakan E-Learning
System untuk penyebaran modul
ajar, forum diskusi dan assesment
Ø Gunakan Chatting dan Social Networking untuk
mendukung pembelajaran.
5. Green
Computing on Paperless Branding and Marketing
Ø Lupakan
kartu nama, CV, koran dan majalah untuk personal branding
Ø Lakukan blogging untuk
personal branding, marketing, bisnis bahkan influencing people
Ø Manfaatkan
google sebagai kurir dan salesman kita dalam marketing dan branding
No comments:
Post a Comment